Cheese Stick

  1. 250 gram Tepung Terigu protein sedang
  2. 1/2 sdm Tepung Maizena.
  3. 100 gram Tepung Sagu, ayak dahulu supaya hasilnya jadi kue nya renyah.
  4. 50 Gram Mentega kuning atau mentega yang biasanya buat olesan roti.
  5. 180 gram Keju tua atau Parmesan, parut di tempat terpisah.
  6. 2 butir Telur ayam ukuran kecil, kock di tempat terpisah dahulu.
  7. 100 ml air masak matang atau juga bisa menggunakan air mineral.
  8. 1/2 sdt baking powder.
  9. 12 sdt kaldu ayam ayam bubuk, untuk menambah aroma, rasa renyah dan gurih
  10. 1/2 sdt garam dapur beryodium.

Cara Membuat :

  1. Ambil wadah dengan ukuran yang cukup besar. Masukkan Tepung Terigu, Tepung Maizena dan Tepung Sagu, aduk menggunakan spatula atau pengaduk lainnya sampai rata.
  2. Masukkan baking powder, garam dapur dan kaldu ayam bubuk. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  3. Masukkan 180 gram Keju Parmesannya dan Telur yang sudah di kocok di atas. Aduk kembali dengan tangan sambil di uleni.
  4. Masukkan air matang sedikit demi sedkit sambil di uleni dan diaduk dengan tangan. Pastikan semua bahan adonan tercampur dengan sempurna sampai kelihatan menggumpal.
  5. Masukkan 50 gram parutan mentega ke dalam adonan. Uleni lagi sampai adonan  tercampur sempurna.
  6. Masukkan adonan yang sudah jadi di atas ke dalam alat penggilingnya. Potong dengan panjang lebih kurang 8 – 11 cm atau sesuai selera.
  7. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya dan api sedang. Goreng adonan yang sudah di potong sampai matang dan berwarna kecoklatan.

 

Resep 2 : Cheese Stick – dengan tapioka

Bahan :

 

  • 500 gr tepung sagu (sagu tani)
  • 250 gr keju parut (suka yg ngeju bgt), kurangi jk mau
  • 5 butir telur
  • Sejumput garam
  • Minyak untuk menggoreng

    Cara :

  • Blender telur dan keju parut biar halus dan tercampur. Jika tdk mau dicampur langsung juga bisa
  • Tuang ke tepung sagu, beri garam. Aduk sampai tercampur rata.
  • Aduk sampai adonan bisa dipilin.
  • Pilin kecil2 aja, jgn pilin besar krn nanti tdk akan garing.
  • Masukkan kedalam wajan yg sudah diberi minyak dingin. Pilin sampai jumlahnya banyak dan tdk melebihi minyak.
  • Adonan harus di goreng dalam minyak dingin, maksudnya adonan harus dipilin kedalam minyak yg suhunya dingin jangan minyak yang panas nanti jd bubur . Jika jumlahnya sudah banyak baru nyalakan kompor dgn api cenderung kecil. Jangan diaduk sampai adonan ngambang sendiri baru aduk pelan2
  • Goreng sampai matang, agak kecoklatan dikit. Angkat dan tiriskan minyaknya. Kemudian dinginkan minyaknya baru masukan lagi adonan yg dipilin. Jangan panas2 masukan adonan.
  • Atau jika tdk mau repot pakai 2 wajan, sementara. Wajan yg 1 menggoreng, wajan yg lainnya buat pilin adonan. Tapi jadi agak boros minyak. Sesuai situasi dan kondisi saja.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s